Hubungi Kami+62354 771649
 

Visi Misi dan Tujuan

Mekanisme penyusunan visi, misi, tujuan dan sasaran program studi diawali dengan pembuatan evaluasi diri dan analisa SWOT program studi secara internal dan eksternal guna menentukan apa yang seharusnya dilakukan oleh program studi dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya. Setelah itu dilaksanakan pembahasan dalam rapat kerja program studi (termasuk membahas visi STATUTA Universitas Kadiri dan visi fakultas) dengan melibatkan pengurus yayasan, pimpinan Universitas/Fakultas, alumni, perwakilan dunia usaha/industri dan perwakilan pemerintah. Melalui kegiatan dengar pendapat dari alumni, stakeholder dan wakil pengusaha serta pemerintah daerah untuk memperoleh pendapat dan pandangan lain, sehingga visi, misi, tujuan dan sasaran program studi yang lebih aplikatif dan mudah pencapaiannya

Visi 2016

Terwujudnya Program Studi Teknik Industri yang Unggul, Berkarakter dan Berdaya Saing Nasional Pada Tahun 2028

Misi

  1. Melaksanakan proses pembelajaran keilmuan Teknik Industri yang berkualitas dan berorientasi pada kebutuhan dan perkembangan ilmu dan teknologi, guna membentuk lulusan yang berkarakter dan berdaya saing.
  2. Melaksanakan kegiatan penelitian yang inovatif dan aplikatif dalam bidang teknik industri guna mendukung kualitas pembelajaran dan perbaikan pembangunan di masyarakat.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan memanfaatkan teknologi tepat guna atau hasil penelitian dalam rangka memberikan manfaat pada keilmuan dan teknologi.
  4. Melaksanakan kegiatan tata kelolaprogram studi teknik industri dalam suasana akademik dan manajemen yang kredibel, transparan, partisipatif dan profesional.

Tujuan

  1. Menguasai dasar-dasar ilmiah dan ketrampilan dalam bidang teknik industri sehingga mampu menemukan, memahami, menjelaskan dan merumuskan cara penyelesaian masalah keteknik-industrian.
  2. Mampu menerapkan ilmu pengetahuan dan ketrampilan keteknik-industrian dalam kegiatan produktf dan pelayanan kepada masyarakat dengan sikap dan perilaku yang sesuai dengan tata kehidupan bersama.
  3. Mampu bersikap dan berperilaku dalam membawakan diri berkarya dibidang keahlian teknik industri maupun dalam kehidupan bersama dimasyarakat.
  4. Mampu mengikuti dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang teknik industri.

Sasaran yang hendak dicapai oleh program Studi Teknik Industri adalah :

  1. Sivitas Akademika memiliki kemampuan mengembangkan dan memutakhirkan ilmu pengetahuan dan teknologi teknik industri melalui penguasaan dan pemahaman metode dan kaidah ilmiah yang aplikatif.
  2. Terlaksananya proses belajar mengajar yang relevan dengan perkembangan duniaindustri atau usaha dengan memanfaatkan teknologi informasi.
  3. Membangun suasana akademik yang partisipatif dengan alumni, dunia usaha/industri.
  4. Meningkatnya kemampuan tenaga pendidik dan kependidikan guna mendukung sistem manajemen yang profesional.
  5. Memiliki sarana dan prasarana yang memadai untuk meningkatkan kredibilitas dan kapabilitas program studi.
  1. Upaya untuk meningkatkan kemampuan sivitas akademik dalam pengusaan, pengembangan dan pemutakhiran ilmu pengetahuan dan teknologi teknik industri, terlaksananya proses belajar mengajar yang relevan dengan perkembangan dunia industri atau usaha serta meningkatnya kemampuan tenaga kependidikan guna mendukung tata kelola program studi yang profesional dicapai melalui strategi :
  • Pengembangan kemampuan tenaga pendidik (dosen) dan tenaga kependidikan melalui kegiatan pelatihan, workshop, seminar atau studi lanjut
  • Mengembangkan kegiatan penelitian yang menunjang proses pembelajaran
  • Pengembangan kurikulum yang berbasis karakter
  • Pengembangan metode pembelajaran SCL (Student Centered Learning)menuju PBL (Problem Based Learning)

2. Untuk membangun suasana akademik yang partisipatif dengan dunia usaha/industri, dicapai melalui strategi :

  • Pengembangan kerjasama dengan dunia usaha dan dunia industri, alumni dan stakeholder lainnya
  • Pengembangan kegiatan praktek kerja lapangan ke dunia industri dan dunia usaha dengan melibatkan partisipasi alumni
  • Melaksanakan revisi kurikulum secara berkala dengan menyesuaikan kebutuhan dunia usaha/industri dan stakeholder.

3. Untuk tersedianya sarana dan prasarana yang memadai dalam rangka meningkatkan kredibilitas dan kapabilitas program studi,

dicapai melalui strategi :

  • Pengembangan laboratorium berikut softwarenya yang mendukung proses pembelajaran
  • Pengembangan bahan pustaka berupa buku teks dan buku ajar sesuai dengan pengetahuan yang terkini dan ketersediaan bahan pustaka digital
  • Pengembangan publikasi hasil penelitian melalui jurnal ilmiah yang terakreditasi
  • Mengembangkan fasilitas teknologi informasi yang dapat diakses dalam proses pembelajaran

 
 
 
shared on ie.-unik-kediri.ac.id