Hubungi Kami+62354 771649
 

Visi Misi dan Tujuan

Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Kadiri dilakukan perubahan setelah adanya pembaharuan Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Universitas Kadiri pada tahun 2014. Untuk menyelaraskan dengan Visi, Misi lembaga, maka dasar perubahan mengacu pada :

  1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.
  2. Permenristekdikti Nomor 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, perubahan atas Permendikbud nomor 49 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.
  3. Statuta Universitas Kadiri tahun 2014-2018

Mekanisme dalam penyusunan Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Kadiri, melalui beberapa tahapan-tahapan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP Nomor 052/UPM/PSTI/FT/2014). Dengan melibatkan pihak internal yang bertujuan untuk memadukan Visi, Misi Lembaga dan terkait dengan apa saja yang dibutuhkan dalam persaingan kerja dilapangan dan pihak eksternal yang bertujuan untuk mendapatkan masukan terkait Visi dan Misi serta perkembangan kebutuhan pasar kerja lulusan Program Studi S1 Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Kadiri.

Visi 2014 – 2026 (Ditetapkan dalam SK Dekan Fakultas Teknik)

Menjadi Program Studi Teknik Industri yang Unggul dan Kompeten Dalam Bidang Ilmu Keteknik-Industrian Berbasis Manusia Berkarakter Untuk Berdaya Saing Tinggi Pada Tahun 2026

Penjelasan Visi Program Studi Teknik Industri dibagi menjadi beberapa bagian yang pertama yaitu “Menjadi Program Studi Teknik Industri yang Unggul dan Kompeten Dalam Bidang Ilmu Keteknik-Industrian…” Mengandung arti bahwa Program Studi Teknik Industri merupakan ujung tombak  penyelenggaraan pendidikan tinggi dalam pengembangan bidang ilmu keteknik-industrian, dimana dengan kata “menjadi..” ini bermakna ada keinginan dan usaha yang kuat dari semua unsur sivitas akademika, melalui konsistensi, peningkatan dan perbaikan berkelanjutan mengenai kualitas kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi  yang dilakukan Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Kadiri. Sehingga diharapkan pada tahun 2026 bisa mendapatkan predikat Unggul dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi. Sedangkan “kompeten..” bermakna bahwa seorang lulusan Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Kadiri harus memiliki tiga unsur dasar dalam mengembangkan keilmuan keteknik-industrian di masyarakat yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik untuk merancang, memperbaiki dan mengelola sistem industri yang terintegrasi melalui proses pembelajaran yang berkualitas dan berstandar.

Bagian ke dua yaitu “….. Berbasis Manusia Berkarakter Untuk Berdaya Saing Tinggi Pada Tahun 2026″ ini mempunyai maksud bahwa lulusan, dan Sivitas Akademika di Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Kadiri harus memiliki karakter yang berlandaskan Pancasila dengan 5 (lima) nilai utama yaitu religius, gotong royong, integritas, mandiri dan nasionalis yang diajarkan melalui perilaku (habit) dalam proses pembelajaran di dunia kampus. Dengan berbasis manusia berkarakter, memiliki keunggulan dan kompetensi maka lulusan dan civitas akademika diharapkan mempunyai “Daya Saing Tinggi…”  dalam dunia industri baik didaerah sendiri, regional, nasional dan internasional.

Misi

      1. Menyelenggarakan pembelajaran pendidikan tinggi yang berstandar dalam pengembangan keilmuan Teknik Industri serta mengajarkan nilai-nilai karakter.
      2. Melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berstandar dalam bidang keilmuan Teknik Industri untuk meningkatkan produktifitas dan nilai tambah bagi masyarakat sebagai bagian dari upaya mendukung pembangunan nasional yang berkelanjutan.
      3. Mewujudkan tata kelola Program Studi Teknik Industri yang efektif dan efisien sehingga menjadi tempat yang nyaman untuk mengembangkan diri, berkarir, dan meraih kompetensi bagi semua civitas akademika.

Tujuan

      1. Menghasilkan lulusan Teknik Industri yang memiliki karakter dan kompetensi untuk merancang, memperbaiki dan mengelola sistem industri yang terintegrasi, sehingga mempunyai daya saing tinggi dalam lingkup regional, nasional dan internasional.
      2. Meningkatkan produktivitas dan keunggulan hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang ilmu Rekayasa Industri guna pengembangan IPTEK serta meningkatkan produktifitas dan nilai tambah bagi masyarakat.
      3. Terwujudnya tata kelola Program Studi Teknik Industri yang produktif, efektif dan efisien.

Sasaran dan strategi Pencapaian Visi Misi dan Tujuan Program Studi Teknik Industri adalah :

Tujuan pertama yaitu “Menghasilkan lulusan Teknik Industri yang memiliki karakter dan kompetensi untuk merancang, memperbaiki dan mengelola sistem industri yang terintegrasi, sehingga mempunyai daya saing tinggi dalam lingkup regional, nasional dan internasional.” maka sasaran dan strategi pencapaiannya sebagai berikut :

Lihat disini.

Tujuan kedua yaitu “Meningkatkan produktivitas dan keunggulan hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang ilmu Rekayasa Industri guna pengembangan IPTEK serta meningkatkan produktifitas dan nilai tambah bagi masyarakat.” maka sasaran dan strategi pencapaiannya sebagai berikut :

Lihat Disini.

Tujuan ketiga yaitu “Terwujudnya tata kelola Program Studi Teknik Industri yang produktif, efektif dan efisien.” maka sasaran dan strategi pencapaiannya sebagai berikut :

Lihat Disini

Dari gambar diatas bisa disimpulkan bahwa pemahaman Visi dan Misi PSTI Fakultas Teknik Universitas Kadiri pada tahun 2018 rata-rata sebesar 70% sudah memahami Visi dan Misi Prodi.

Adapun Laporannya sebagai berikut :

  1. Tahun 2015
  2. Tahun 2016
  3. Tahun 2017
  4. Tahun 2018
  5. Tahun 2019

 
 
 
shared on ie.-unik-kediri.ac.id