Hubungi Kami+62354 771649
 

Perpustakaan Prodi

Perpustakaan Program Studi Teknik Industri merupakan suatu wadah untuk media belajar dan sumber ilmu Pengetahuan dan Teknologi bagi Mahasiswa, Dosen, Karyawan dan Masyarakat Umum dalam keilmuan bidang Teknik Industri. Sesuai dengan amanat Undang-undang No. 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan serta Peraturan Pemerintah No. 24 Tahun 2014 tentang Pelaksanaan Undang-undang No. 43 2007 tentang Perpustakaan yang meliputi standar koleksi, sarana dan prasarana, pelayanan, penyelenggaraan, dan pengelolaan perpustakaan. Untuk itu Perpustakaan PSTI FT-UNIK terus berupaya dalam pemenuhan standar yang sudah ditetapkan diatas agar tujuan diselenggarakan dan diadakannya perpustakaan PSTI FT-UNIK dapat terwujud.



Perpustakaan PSTI FT-UNIK diadakan tahun 2016 tepatnya bulan Agustus, sebelumnya perpustakaan berada pada naungan Fakultas Teknik, dikarenakan jumlah koleksi buku dan antusias pengunjung maka dipisahkan sendiri dan dikelola oleh Program Studi. Lokasi perpustakaan berada di Gedung H lantai 3 Ruang H3.07 Kampus Universitas Kadiri.

Latar belakang lain secara umum adalah menurut data dari The Organisation for Economic C0-operation and Development (OECD), budaya membaca masyarakat Indonesia berada di peringkat terendah di antara 52 negara di Asia. UNESCO melaporkan pada 2012 kemampuan membaca anak-anak Eropa dalam setahun rata-rata menghabiskan 25 buku, sedangkan Indonesia mencapai titik terendah: 0 persen. Tepatnya 0,001 persen.

Artinya, dari 1000 anak Indonesia, hanya satu anak yang mampu menghabiskan satu buku dalam setahun. Mengutip Ini persoalan penting, ini perkara genting. Soal minat baca memang terlihat tidak semendesak persoalan energi atau pangan. Tapi bagaimana menyiapkan masa depan negeri ini jika tingkat literasi begitu rendah?

Untuk itu dalam pengadaan wadah perpustakaan ini, Program Studi mempunyai suatu tujuan yang jelas terkait dengan Visi baik dari Prodi, Fakultas dan Universitas Kadiri, yaitu memberikan sumber ilmu pengetahuan dan teknologi melalui media perpustakaan sehingga budaya membaca dapat ditingkatkan.

Tentu dalam memanajemen perpustakaan tidaklah mudah, mengikuti standar yang sudah ditetapkan pemerintah agar tujuan dari diselenggarakan perpustakaan tersebut dapat terwujud, sesuai dengan Dalam SNI 7329:2009 2.8 yaitu pendidikan pengguna kegiatan perpustakaan yang bertujuan menjadikan pengguna mampu mendayagunakan koleksi perpustakaan secara mandiri sesuai dengan kebutuhannya.

Tujuan :

Menyediakan pusat sumber belajar sehingga dapat membantu pengembangan dan peningkatan minat baca, literasi informasi, bakat serta kemampuan peserta didik

Prosedur Perpustakaan PSTI

 
 
 
shared on ie.-unik-kediri.ac.id