Hubungi Kami+62354 771649
 

Program Kreativitas Mahasiswa

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) adalah suatu wadah yang dibentuk oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dalam memfasilitasi potensi yang dimiliki mahasiswa Indonesia untuk mengkaji, mengembangkan, dan menerapkan ilmu dan teknologi yang telah dipelajarinya di perkuliahan kepada masyarakat luas. Program ini merupakan penerus dari Program Karya Alternatif Mahasiswa yang dibentuk pada tahun 1997, yang lalu berganti menjadiProgram Kreativitas Mahasiswa tahun 2001 demi memperluas cakupan dan mengurangi batasan bagi mahasiswa dalam berkreasi. Pada awalnya, PKM memiliki lima sub program, yaitu PKM-Penelitian (PKMP), PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T), PKM-Kewirausahaan (PKM-K), PKM-Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M) dan PKM-Penulisan Artikel Ilmiah (PKM-I). Finalis dari masing-masing PKM akan dilombakan dalam Pekan Ilmiah Nasional.

Penyusunan proposal PKM cenderung menjadi aktivitas mahasiswa di awal tahun ajaran karena tenggat waktu pengumpulan proposal ke Dikti biasanya ditetapkan pada semester ganjil.

Mahasiswa Prodi Teknik Industri merespon aktif mengenai Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) ini dengan beberapa mengusulkan proposal.

Pedoman PKM Tahun 2012

Pedoman PKM Tahun 2015

Pedoman PKM Tahun 2016

Langkah-langkah Pengusulan Proposal Program Kreativitas Mahasiswa sbb :

  1. Tentukan bidang apa yang akan diikuti (lihat pedoman).
  2. Siapkan proposal yang telah selesai direvisi oleh Dosen pendamping dan format penulisan sesuai ketentuan pada buku Pedoman Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Tahun terbaru.
  3. Cetak proposal.
  4. Mintakan tanda tangan dan cap fakultas untuk halaman:
    • Halaman Pengesahan (ditandatangani oleh: Ketua Tim, Dosen Pendamping, Pembantu Dekan III, Kolom untuk Tandatangan Wakil Rektor I biarkan kosong dan bubuhkan cap fakultas)
    • Surat Pernyataan Sumber Tulisan PKM (Khusus PKM-AI) (ditandatangani oleh: Ketua Tim dan Ketua Jurusan/Prodi)
    • Daftar Riwayat Hidup (Khusus PKM-GT) (ditandatangani oleh: Ketua, Anggota Tim dan Dosen Pendamping)
  5. Scan Surat Pernyataan dan Daftar Riwayat Hidup (menggunakan mesin scan dokumen)
  6. Konversi file proposal PKM (.doc) ke format pdf (lihat cara konversi doc ke pdf)
  7. Serahkan Halaman Pengesahan yang telah ditandatangani oleh Ketua, Dosen Pendamping, PD III dan telah dicap fakultas ke Biro Administrasi Kemahasiswaan (kolektif melalui fakultas atau langsung oleh mahasiswa sendiri) untuk dimintakan tandatangan Wakil Rektor Bidang Pembelajaran dan Kemahasiswaan (WR 1) dan cap Universitas.
  8. Setelah ditandatangani oleh WR 1 dan di cap universitas, Operator PT akan mendaftarkan tim PKM-KT ke Simlitabmas (DIKTI) untuk mendapatkan username dan password peserta PKM
  9. Operator PT akan mengirimkan softcopy halaman pengesahan, username dan password tim melalui email tim masing-masing
  10. Setelah halaman pengesahan diterima, gabungkan kembali halaman pengesahan, surat pernyataan atau daftar riwayat hidup dengan halaman yang lainnya sesuai dengan sistematika yang telah ditentukan DIKTI. File dalam format pdf dan tidak lebih dari 5MB. (lihat cara memecah file pdf dan menggabungkan file pdf)
  11. Softcopy proposal lengkap dalam bentuk PDF (1 proposal lengkap termasuk lembar pengesahannya dengan maksimum besar file 5 MByte) diunggah oleh mahasiswa secara mandiri dengan menggunakan Username dan Password yang telah diberikan oleh Operator PT. Bersamaan dengan pengunggahan proposal PKM, mahasiswa diwajibkan mengisi beberapa data pendukung secara online.

TahunJENIS PKMKetuaAngkatanJudulLihat Dokumen
2016Gagasan TertulisAnnisa Putri Rahayu2014PENERAPAN STRATEGI KONVERGENSI MEDIA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN CITRA PARIWISATA SELOMANGLENG KEDIRILihat
2016Karya CiptaFahkruddin Irsyad H2015PIRING MERIANG (Peniris Gorengan Murah Hygienis dan Ramah Lingkungan)Lihat
2016Karya CiptaAnnisa Putri Rahayu2014KOKAIN (Kotak Bekal Berpendingin) YANG MENYEGARKANLihat
2016KewirausahaanDhika Catur Hendriawan2014KAMU JAHAT (Keripik Andalan Bermutu Jahe Sehat)Lihat

Untuk menampung ide-ide kreativitas mahasiswa PSTI FT-UNIK, maka perlu sebuah wadah yang berbentuk isian form secara online. Dimana mahasiswa setiap dimanapun berada jika mempunyai ide, bisa langsung menuliskan pada form yang sudah disediakan.

Berikut isian form

klik disini untuk mengisi form

 
 
 
shared on ie.-unik-kediri.ac.id