Profil

program Studi Teknik Industri dikenal pad awal tahun 1970an dan merupakan sub bagian dari keilmuan teknik mesin. Sejak Tanggal 30 Juni 1998 diresmikanlan Jurusan Teknik Industri (Sekarang Departemen Teknik Industri) Fakultas Teknik Industri yang jadi sebutan sekarang.
Teknik Industri adalah Ilmu yang berkaitan dengan Perbaika, Desain dan Instalasi sistem yang terintegrasi antara manusia, material, informasi, peralatan, Modal, energi dan manajerial untuk menjadi sistem yang memberikan kualitas tinggi, produk murah dan layanan cepat. Hal ini berdasarkan pengetahuan khusus dan keterampilan dalam ilmu matematika, fisik dan sosial bersama prinsip-prinsip dan metode analisis rekayasa dan desain unuk menentukan, memprediksi dan mengevaluasi hasil yang akan diperoleh dari sistem tersebut.
Pada dasarnya, ilmu teknik idustri dibagi ke dalam 3 bidang keahlian, yaitu Sistem Manufaktur, Manajemen Industri & Tekno Ekonomi. Teknik Industri mempunyai 7 dasar keilmuan adalah:

  1. Method engineering adalah studi yang mempelajari secara sistematis seluruh operasi langsung maupun tidak langsung untuk mendapatkan perbaikan-perbaikan sistem kerja, agar pekerjaan mudah dilakukan dan dalam waktu yang singkat.
  2. Ergonomi adalah ilmu ilmu yang mempelajari tentang berkaitan antara orang dengan lingkungan kerjanya, terutama dengan hasil rancangan kerja.
  3. Perencanaan dan perancangan fasilitas meliputi penentuan lokasi fasilitas , susunan tata letak fasilitas, dan seberapa besar fasilitas yang akan ditempatkan.
  4. Simulasi diperlukan untuk menyelesaikan masalan-masalah yang sangat sulit dilakukan dengan cara analitis. dalam hal ini penggunaan komputer sangat diperlukan, sehingga perhitungan dapat berjalan dengan cepatdan menghasilkan penyelesaian yang cukup akurat.
  5. Material Handling merupakan perpindahan material atau bahan dari satu lokasi ke lokasi yang lain atau diantara stasiun kerja.
  6. Riset Operasional menjadi dasar dalam penentuan pola-pola dasar penerbangan yang efisien, pola distribusi barang, dan pola operasi jaringan elektronik.
  7. Sistem Produksi Merupakan suatu aktivitas untuk mengolah penggunaan sumber daya yang dada dalam proses penciptaan barang atau jasa dengan tujuan dapat memperbaiki tingkat efektifitas dan efisiensi dari proses produksi.

PROFIL LULUSAN PROGRAM STUDI

Sesuai hasil yang telah dikaji melalui pengembangan kelimuan teknik industri
dengan melihat kebutuhan pasar serta hasil dari pembahasan dengan pengguna
lulusan dan tracer study maupun hasil analisis SWOT yang telah dilakukan oleh
Prodi S1 Teknik Industri. Profil lulusan yang disepakati adalah sebagai berikut :
1. Perancang Sistem Industri.
2. Perencana dan Pengendali Sistem Industri.
3. Pengelola (pabrik, rantai pasok, persediaan, dll).
4. Akademisi.